Penyebab Terjadinya Mioma Uteri Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Terjadinya Mioma Uteri Yang Harus Diwaspadai,- Miom adalah tumor jinak yang berkembang atau menempel pada rahim wanita. Mereka bisa tumbuh sebagai tumor tunggal atau dalam kelompok. Miom dapat tumbuh menjadi besar dan menyebabkan sakit perut yang parah, pendarahan menstruasi yang berlebihan, nyeri panggul, dan sering buang air kecil.

Penyebab Terjadinya Mioma Uteri Yang Harus Diwaspadai

Berdasarkan letaknya, mioma uteri dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Miom Intramural, di dalam otot rahim.
  • Miom Subserosa, dilapisan luar rahim, menonjol kearah perut.
  • Miom Submukosa, dibawah lapisan dalam, menonjol ke arah muka rahim.

Kebanyakan penderita tidak merasakan keluhan atau gejala , karena pertumbuhan miom sangatlambat. Paling sedikit perlu waktu 8 tahun untuk tumbuh dan sangat sulit dideteksi. Sekitar20-30% terjadi pada wanita berusia diatas 35 tahun.

Penyebab Mioma Uteri

Penyebab utama mioma uteri belum diketahui dengan jelas, namun beberapa faktor berikut ini dapat mengembangkan miom, diantaranya:

  • Faktor genetik.
  • Faktor hormon.
  • Faktor bakat (adanya rangsangan hormon dari kondisi emosi yang tidak stabil, obesitas, dankarena makanan yang tidak bernutrisi.
  • Infeksi dan jamur.
  • Pola hidup yang tidak sehat dan stres.

Komplikasi Mioma Uteri

Komplikasi mioma uteri dapat menimbulkan gangguan kesehatan berupa:

  • Anemia Defisiensi Besi

Pendarahan berlebih saat menstruasi dapat membuat seorang wanita mengalami anemia. Untuk mengatasi anemia, Anda dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi sebagaipengganti darah yang hilang.

  • Infertilitas (Kemandulan)

Jika ukuran miom membesar, maka dapat menyebabkan sel telur yang sudah dibuahi sukar melekat pada dinding rahim. Ukuran miom yang besar juga dapat menghalangi sperma mencapai sel telur.

  • Keguguran

Penyakit miom dapat menyebabkan seorang wanita mengalami keguguran, walaupun sangat jarang terjadi.

  • Gangguan Persalinan

Keberadaan miom dapat mempersulit proses melahirkan. Ukuran miom yang besar dapat menghalangi jalan lahir. Jika ini terjadi, kemungkinan seorang wanita harus menjalani operasi caesar. Miom juga dapat menyebabkan janin berada di posisi yang salah.

  • Bayi Lahir Prematur

Karena miom dapat menghambat perkembangan janin, maka kemungkinan bagi bayi untuk lahir prematur.

Pencegahan Mioma Uteri

Pencegahan mioma uteri dapat dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan bernutrisi, kurangi asupan alkohol atau daging merah, dan perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Serta berat badan juga harus dijaga agar tetap normal karena wanita yang mengalami obesitas memiliki risiko yang besar terkena mioma uteri.

Periksakan kesehatan secara rutin termasuk di bagian organ reproduksi dapat menjadi langkah pencegahan mioma uteri. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan celana dalam dan organ intim agar tidak terkena infeksi jamur.

Pengobatan Mioma Uteri

Pada kasus miom yang tidak menimbulkan gejala, kemungkinan tidak diperlukan pengobatan karena miom yang kecil akan menyusut dan hilang dengan sendirinya. Sebaliknya, jika gejala miom cukup parah maka diperlukan pengobatan dengan menjalani operasi. Tapi jika Anda menginginkan penyembuhan mioma uteri secara alami tanpa operasi, Anda dapat melakukan pengobatan alternatif dari ekstrak teripang. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa lihat di >> Obat Mioma Uteri

Penyebab Terjadinya Mioma Uteri Yang Harus Diwaspadai

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s